Senin, 04 Juni 2012

SUKSES JADI PENGUSAHA TAMBAK UDANG VANAME PUTIH: DENGAN TEKNIK MULSA PLASTIK H. MIMIN MERAUP UNTUNG Rp 10 MILIAR/TAHUN

SUKSES JADI PENGUSAHA TAMBAK UDANG VANAME PUTIH: DENGAN TEKNIK MULSA PLASTIK H. MIMIN MERAUP UNTUNG Rp 10 MILIAR/TAHUN

Penulis :Murgab H



BERMULA dari keisengan semata dan pengalamannya yang pernah menjadi pembudidaya cabe menggunakan sistem teknologi Mulsa Plastik (Mulsa Plastik adalah teknologi yang menggunakan fasilitas plastik berwarna hitam yang ditempatkan di tepi kolam atau bak yang bermanfaat sebagai penghambat masuknya penyakit ke dalam kolam), Haji Mimin kini telah sukses menjadikan dirinya sebagai pengusaha tambak udang Vaname Putih yang tersohor se-Kabupaten Subang.

Bapak yang memiliki tambak udang di Subang, Jawa Barat (Jabar) sejak tahun 2009 ini dan memiliki tiga orang anak yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan dua orang anaknya duduk di bangku Sekolah Menengah Umum (SMU) ini mengaku mengawali karier berbudidaya udang Vaname Putih dilakoninya sejak tahun 2008. “Modalnya hanya iseng saja, tidak serius,” kata Haji Mimin di tempat usahanya di daerah Subang, Jabar, Rabu pekan lalu.

Dengan bermodal iseng dan ilmu otodidak (belajar ilmu perikanan sendiri tanpa ada yang mengajari) tersebut, Haji Mimin merasakan penghasilannya dari hari ke hari dari hasil penjualan yang dia lakukan bukan hanya ke masyarakat sekitar Subang tetapi ia juga melakukan ekspor kepada buyers (pembeli) dari Negara Jepang, Amerika Serikat (AS) dan Eropa, penghasilannya makin lama makin bertambah. “Iseng, tetapi kok lama-lama hasilnya menggiurkan. Kemudian baru diseriuskan,” kata Haji Mimin mantap.

Haji Mimin mengaku awalnya pada tahun 2008 silam, 27 hektare tambak udang Vaname Putih yang ia kelola belum menjadi hak miliknya, masih berstatus sewa kepada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Subang, Jabar. Lalu setahun kemudian, dengan hasil kerja keras dan usaha yang maksimal, ia berhasil menjual dan melakukan budidaya udang Vaname Putih besar-besaran dan melakukan ekspor ke tiga negara, Jepang, AS dan Eropa, yang akhirnya membuatnya mampu membeli lahan tersebut dengan harga Rp1,5 miliar dan kini telah bersertifikat Hak Milik atas namanya.

Hingga hari ini Haji Mimin tidak pernah merasa kesepian order pembeli. Bahkan pembeli udangnya makin hari makin bertambah, ada yang berasal dari daerah Jawa Tengah (Jateng) hingga dari Jakarta.

Udang Haji Mimin selain bisa dibeli untuk dibudidayakan, juga bisa untuk dikonsumsi. Harga Vaname Putih Haji Mimin dipatok dengan harga jual Rp80.000 per Kilogram (Kg). Harga tersebut wajar dirasa, karena telah disesuaikan dengan baiknya mutu dan kualitas serta renyahnya daging dari udang tersebut.

Bagi masyarakat sekitar mengatakan keunggulan udang Vaname Putih yang dibudidayakan Haji Mimin ada pada daya rasa gurihnya daging udang tersebut yang begitu lembut apabila disantap dan kualitas udang tersebut bisa bertahan hingga tiga hari lamanya tanpa harus direbus kembali.

“Udang Vaname Putih Haji Mimin ini cukup hanya dikukus atau direbus dengan air panas hingga warna kulit luar udangnya kemerahan, rasanya nikmatnya bisa langsung dirasakan pada saat disantap,” kata Wakil Kepala Dinas (Wakadis) Kelautan dan Perikanan Kabupaten Subang, Jabar, Agus Darojat yang turut berkesempatan menyicipi udang Vaname Putih budidaya Haji Mimin dalam kesempatan ini.

Haji Mimin menjelaskan rahasia baiknya kualitas mutu daging udang Vaname Putih yang dibudidayakan ada pada pembudidayaan udang yang tidak menggunakan obat-obatan kimia.

Selain itu dalam teknik pembudidayaan menggunakan teknik Mulsa Plastik pada kolamnya (Pola Mulsa Plastik dalam budidaya Vaname Putih adalah dinding kolam tanah yang dipaku plastik berwarna hitam sehingga air tambak tidak tercemar penyakit yang mematikan).

“Pengalaman kami pada saat budidaya dengan sistem Mulsa Plastik ini adalah yang kedua yang kita temukan. Pertama, kita menggunakan sistem Parsial. Karena selama ini budidaya udang itu tidak ada yang berani mengurangi udang di tambak, pada saat saya perjalanan ke Cirebon, saya di tepi pantai melamun, di tengah jalan saya melihat tambak dengan sistem anco (jala). Apa salahnya saya mencoba metode ini ditambak saya. Kemudian saya beranikan uji coba, ternyata saya ambil 500 Kg udang tidak ada masalah,” katanya.

Keunggulan pola Mulsa Plastik lainnya, ada pada cost atau biaya produksi yang dikeluarkan Haji Mimin jauh lebih murah. “Per hektare perkiraan saya modalnya hanya sekitar Rp12 juta untuk membeli 15-20 roll Mulsa Plastik dengan harga per roll-nya Rp350.000. Dengan pola ini jauh lebih murah dibanding dengan pola Parsial. Terus kualitas air bisa bertahan dibandingkan menggunakan teknik Parsial (tanpa plastik). Kualitas air tidak bisa naik turun, tetap stabil. Akhirnya, pertumbuhan udang akan lebih maju, karena HDG atau pertumbuhan udang Vaname Putih per harinya bisa mencapai 0,27 gram. Jadi per 10 hari bobot udang naik bisa mencapai 3,5 gram. Dan pertumbuhannya cepat sekali. Itu lah keunggulannya, panennya cepat, pertumbuhannya cepat, balik modalnya juga cepat,” katanya.

Yang lebih murah lagi, penggunaan Mulsa Plastik bisa digunakan 1,5 kali dalam sehari.

Dalam tambaknya ini, Haji Mimin memanen udang dengan size atau ukuran 70 dikurangi 2 ton, size 50 dikurangi 2 ton, kemudian size 28 dikurangi 2 ton dan terakhir size 40 dikurangi 2 ton. “Setelah perkembangan dengan cara seperti itu berhasil dilakukan dampaknya juga bisa mengurangi modal saya. Terus terang dengan dikurangi 2 ton itu saya bisa menambahkan modal, dan berdampak pada bertambah lagi jumlah kolam saya,” terangnya.

Haji Mimin hingga kini masih menerapkan pengurangan 2 ton dalam teknik pemanenan udang Vaname Putihnya karena dia merasa dengan teknik seperti ini lebih menguntungkan. “Jadi saya kembali dua ton, dan uang yang saya dapat itu saya buat tanam lagi di tambak yang baru. Ternyata bisnis ini lumayan,” tegasnya. Keuntungan dalam setahun dari hasil panennya, Haji Mimin bisa meraup laba bersih Rp10 miliar.

Awalnya sempat ditolak perbankan

Haji Mimin mengaku awal melakukan budidaya udang Vaname Putih dengan pola teknologi Mulsa Plastik, ia sempat mengajukan proposal kepada perbankan nasional yakni BNI untuk mendapatkan bantuan kredit lunak dari pihak perbankan. Namun, ia harus merasakan pil pahit, karena pihak perbankan bukannya malah mengabulkan isi proposal yang ia buat malah menolaknya. “Bukannya dana kredit yang saya dapat, namun penolakan yang didapat,” ujarnya.

Setelah itu, Haji Mimin mencoba kembali untuk meminta bantuan. Kali ini ia berhasil mendapatkan apa yang ia inginkan, yakni bantuan permodalan.

Ia mengajukan permohonan bantuan modal usaha kepada pemerintah pusat dalam hal ini KemenKP melalui DKP Kab Subang, Jabar. Rupanya, langkah ini membuahkan hasil manis. “Pada saat uji coba budidaya udang Vaname Putih dengan teknologi Mulsa Plastik, berhasil dilakukan, akhirnya satu kolam yang ada di tempat saya diberikan KemenKP yang kita gunakan untuk kolam dengan modal awalnya Rp60 juta,” terangnya.

Modal Rp60 juta tersebut digunakan Haji Mimin sebagai modal persiapan wadah dan menyiapi berbagai macam sarana lainnya. “Modal untuk plastiknya Rp12 juta untuk satu hektare. Kebutuhan Mulsa Plastik 15 hingga 20 roll dikali Rp350.000 harga per roll. Bayar tenaga kerja untuk 100 orang tenaga harian dan 20 orang tenaga bulanan, yang harian Rp40.000 per hari, namun ada juga yang bulanan Rp750.000 per bulan dan biaya paku tambak keseluruhan. Jadi total bantuan pemerintah tersebut digunakan untuk pembelian Mulsa Plastik dan bayar gaji tenaga kerja,” tandasnya.

Haji Mimin dengan usaha budidaya udang Vaname Putih ini telah membuktikan bahwa menjadi wirausaha sukses dibutuhkan kemauan yang keras dan usaha pantang menyerah.

Kini, ia mampu membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja baru di daerahnya. Dia mampu menyerap 120 tenaga kerja, baik harian maupun bulanan dengan gaji mencukupi.

Usaha Haji Mimin ini barangkali bisa jadi inspirasi sukses para calon-calon pembudidaya lainnya dengan memanfaatkan ide atau gagasan dalam membudidayakan udang Vaname Putih dengan menggunakan pola teknologi Mulsa Plastik. (Mur)

30 komentar:

  1. kami hatchery pembenihan di tegal - jateng menyediakan benur vaname dan windu unggul dengan harga terjangkau, utk order silahkan hub. pak Faqih 081902258259/ 085742846923

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak faqih klo ada pemodal untuk kerjasama di bidang tehnis lapangan pembesaran intensive saya mau,,vanamei,,ni hp saya 083876607698

      Hapus
    2. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
      ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
      BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
      Kondisi bahan ;.
      - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
      - Bahan tua (galian lama).
      - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
      - Bahan keras dan padat.
      - Siap gosok poles.
      - Daging utuh, tanpa kapur.
      - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
      - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
      Daftar harga :
      1 0ns ; Rp 750.000rb
      5.ons Rp.2.500.000
      1.kg Rp 3.750.000
      5 kg Rp 10.000.000
      10 Kg Rp 17.500.000
      15,kg Rp.20,000,000,
      Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
      Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
      setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin,
      untuk yg mau pesan hub ;
      Hp.; 085298487117 atau .081998328877
      pin : 584bdc38
      adapun cara transakai,anda bisa datang langsung ke rumah kami. alamatnya di jl buana seli rt 016 rw 002,
      desa/kel ;labuhan, kec ;bacan, kab ; halmahera selatan, prof ; maluku utara.
      barang juga bisa kami kirim lewat jasa pengiriman tiki,jne,pos,muatan udara dan lewat kargo bandara.setelah barang
      dikirim, kami akan berikan bukti resi pengirimannya.
      INGAT..!!!!! HATI-HATI PENIPUAN DENGAN HARGA MURAH SALAH ORANG ANDA BISA TERTIPU

      Hapus
  2. saya berminat membeli udang , mohon alamat lengkap dan nomer telp H.Mimin di subang , terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth. Bp Rifki
      Saat ini kami sedang mencari buyer/pembeli Udang Windu langsung dalam jumlah
      banyak . Untuk ukuran size bervariasi dgn ukuran size 30 - 40 & estimasi hasil
      panen ± 3 - 5 Ton. Lokasi berada di daerah Bratasena Mandiri, Kab. tulang Bawang Prov. Lampung.
      Untuk detail infonya bisa menghubungi via contact person : 0857 2159 6466 a/n Dedi

      Hapus
    2. saya mencari partner , saya punya technis pembesaran nya secara intensive, kerjasama nya saya tunggu ni hp saya083876607698

      Hapus
  3. Kami produsen plastik mulsa tambak yang berlokasi di Bandung. Bagi para petambak udang yang membutuhkan mulsa tambak kami siap mensupply.
    Ukuran mulsa yang kami produksi :
    - berbahan baku biji plastik murni 100 %
    - 80 micron x 250 cm x 500 m berat bersih per roll 90 kg

    - Berbahan baku biji plastik HDPE murni 100 %
    - 100 micron x 250 cm x 300 m berat bersih 70 kg / roll
    - 150 micron x 250 cm x 300 m berat bersih 105 kg.
    Hubungi kami Budi Ghozali pada email PLASTIN_EP@YAHOO.CO.ID atau HP 081284116090 Untuk informasi harga atau keterangan lebih lanjut.

    BalasHapus
  4. TITIN RISMAWATI
    saya cari partner kerja sama untuk budidaya udang vanami cara intensiv...saya memiliki lahan dan terkendala modal... mohon hubungi saya di 082231554393/081553695739 e-mail :mandiri.tunggal14@yahoo.com

    BalasHapus
  5. Pakan udangnya irawan atau samsung ya yg baik n bermutu

    BalasHapus
  6. jual cepat lahan dijogja dekat pantai trisik kulon progo, lokasi tersebut juga dekat deng rencana bandara internasional dijogja cocok sekali untuk tambak udang karena kawasan tersebut sudah mulai ramai tambak udang luas tanah 6,8 HA hrg 200rb/m2 akses jalan aspal besar kontur tanah rata jika berminat bs hub sy di no 081227400400 pin bb 27649955 tks www.tanahbagus.com

    BalasHapus
  7. Saya menyediakan desinfectan kaporit untuk keperluan treatment air tambak untuk daerah jawa barat, seperti bandung, karawang, sukabumi, subang, purwakarta, cirebon, tasikmalaya, dll.
    contact person : wahyu 085720270799
    trims

    BalasHapus
  8. Bpk Haji mimin yth, saya ingin jadi distributor pakan udang yang cocok utuk petani udang pemula di daerah lombok bagian selatan tolong hubungi no telp. 082247700110 mks.

    BalasHapus
  9. klo boleh,,, bisakah saya minta no hp pak H Mimin.., untuk saudara saya untuk menjadi distributor pakan udang di daerah payaman, dan pameungpek garut, mohon..terimakasih

    BalasHapus
  10. Kami menyediakan probiotik, vitamin dan desinfectan u udang info lebih lanjut hub. Eko 08128601312

    BalasHapus
  11. met siang .saya punya lahan 30 ha di daerah muara gembong bekasi ,ga punya modal kalo ada yg minat kerja sama untuk tambak silahkan hub email saya ipjkarta@gmail.com

    BalasHapus
  12. Met Sore..,Sekarang Saya jadi Supplier Udang Vaname dimakassar.Channel Saya Masih Kurang Dimakassar.Tolong Dibantu Dong..,yg Punya kenalan Eksportir atau Pembeli udang Vaname.CP 082196800098

    BalasHapus
  13. Dapatkan pinjaman hari @ 2% bunga dan menghidupkan kembali bisnis Anda tanpa mengganggu, kami menawarkan $ 3,000.00 ke $ 20,000.000.00, email kami sekarang untuk informasi lebih lanjut tentang pinjaman yang Anda butuhkan. silahkan hubungi kami di: anitacharlesqualityloanfirm@gmail.com bersama-sama dengan informasi di bawah.
    {Lengkapi formulir di bawah pinjaman}
    Nama Anda: ===========
    COUNTRY: ===========
    NEGARA ===========
    ALAMAT: ===========
    GENDER: ===========
    JUMLAH DIPERLUKAN: ===========
    PERIODE: ===========
    NOMOR TELEPON: =========== =============
    akun yang lebih baik dari perusahaan yang sah.
    Hubungi kami di email ini: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com
    Ibu Anita

    BalasHapus
  14. saya mau cari tempat penjualan udang vaname, kalau ada yg mau tlg hub saya 085362711623

    BalasHapus
  15. saya mau cari tempat penjualan udang vaname, kalau ada yg mau tlg hub saya 085362711623

    BalasHapus
  16. haiyaa , capek cari udang VANAMEI (HOSO) yang disuruh bos setiap bulan hrus dapat target 20 ton per bulan ,, sapa ada kabarin ya 085312313949
    WA : 089673728323

    BalasHapus
  17. ,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

    BalasHapus
  18. Bisa diinfokan kontak nya pak haji mimin?

    BalasHapus
  19. Anak saya kuliah di uGM Yogyakarta jurusan Teknik Mesin,ingin melihat mesin pengolahan air, di mana lokasi tampaknya?

    BalasHapus
  20. sya mencari investor, lokasi di kalimantan utara luas 500 ha sdh jadi 2 petak (7 ha & 18 ha) jika berminat hub 085222440659

    BalasHapus
  21. Selamat siang semuanya ,
    Selamat siang juga untuk Pak Haji Mimin.
    Saya Ria dr PT. Sun Perkasa Indonesia , menjual produk Kincir Air Tai Yih Sun, Buatan Taiwan.
    Jika berminat bisa hubungi saya di 085213959688.
    Terimakasih

    BalasHapus
  22. Selamat siang semuanya ,
    Selamat siang juga untuk Pak Haji Mimin.
    Saya Ria dr PT. Sun Perkasa Indonesia , menjual produk Kincir Air Tai Yih Sun, Buatan Taiwan.
    Jika berminat bisa hubungi saya di 085213959688.
    Terimakasih

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum pak sy ingin tau dimana alamat pebudidaya udang faname atau windi di jawa barat..kebetulan sy jg tinggal di jawa barat yaitu cikarang barat.
    Bisa nomer kontak mereka pebudidaya ...? Pertama sy mau coba investasi yg kedua sy ingin belajar dan menguasai cara budidaya udang itu sendiri.No kontak sy : 085215240348/089508350064(wa) makasih sebelumnya.wassalam.

    BalasHapus
  24. Selamat siang pak haji mimin,saya bpk hidayat tinggal di bekasi sy berniat untuk berkunjung ke lokasi bapak apakah bisa ...? Niatnya ingin belajar cara budidaya udang karena prospeknya yang lebih jelas kedepannya mohon pak haji sudi menerima saya buat berkunjung dan belajar di tempat pak haji...! No kontak saya :085215240348/089508350064(wa) maaf sebelumnya pak haji.wassalam

    BalasHapus